Agama Samawi
Agama Samawi
"Teman- teman  ada yang bingung untuk membuat makalah mengenai Kesinambungan Islam dengan Agama Samawi Terdahulu, teman- teman bisa baca tulisan dibawah ini".
Agama Islam yang saat ini kita kenal merupakan agama yang dibawa oleh Nabi Muhammd SAW. Namun jauh sebelu Islam, telah ada risalah keagamaan yang dibawa oleh para Rasul terdahulu. Agama Islam memiliki hubungan erat dengan agama-agama (samawi) sebelumnya.  Agama Islam menegaskan kembali ajaran yang pernah dibawa oleh para Rasul sebelumnya. Penegasan dalam Islam tidak merubah ajaran terdahulu menyangkut masalah akidah. Dari Nabi Adam hingga Nabi Muhammad sebagai Nabi terakhir membawa risalah yang menyatakan Allah sebagai satu-satunya Tuhan yang berhak disembah.
Posisi NabiMuhammad adalah untuk meneruskanajaran rasul-rasul terdahulu dan menyempurnakan syariat. Islam meluaskan jangkauan dakwah yang pernah dilakukan oleh para rasul terdahulu.  Semua rasul yang Allah utus memiliki tugas dakwah. Rasul-rasul sebelum Muhammad telah mendakwahkan risalah kenabian kepada kuamnya. Sementara Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw. bersifat universal tanpa terbatas pada ruang dan waktu, untuk siapa saja, kapan saja dan di manapun manusia berada. Jadi, agama Islam merupakan lanjutan dari ajaran agama-agama samawi terdahulu dan paling sempurna.

Seluruh  ajaran agama Islam yang diturunkan oleh Allah kepada para rasul-Nya menyatu ke dalam ajaran Islam yang dibawa Nabi Muhammad. Itulah sebabnya Muhammad jadi penuntas misi para rasul sehingga tidak perlu lagi kedatangan rasul-rasul berikutnya.
Sumber: buku Geografi Islam

0 comments so far,add yours